Komponen dalam Rencana Bisnis yang Harus Ada

Komponen dalam Rencana Bisnis yang Harus Ada

Membangun suatu bisnis tidak hanya dilakukan dengan asal-asalan, tanpa rencana walaupun jika terlalu dipikirkan hasilnya kurang memuaskan. Agar bisnis dapat berjalan dengan baik, sebaiknya Anda membuat rencana bisnis yang matang. Manfaat dari business plan tersebut yaitu:

 

  • Membantu untuk membangun sebuah bisnis yang sedang atau akan dibangun.
  • Membantu untuk mencari sumber dana sehingga bisnis dapat berjalan dengan baik.
  • Agar Anda menjadi lebih fokus terhadap tujuan Anda dalam membangun bisnis tersebut.
  • Untuk membantu Anda menganalisa sehingga dapat menentukan strategi pemasaran yang pas sesuai dengan situasi dan kondisi perusahaan.

 

Dalam membuat rancangan bisnis, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar business plan tersebut dapat menjadi acuan bagi Anda. Hal tersebut yaitu:

 

  • Pastikan Anda mengenal bisnis Anda dengan baik. Hal tersebut dikarenakan jika Anda tidak mengenal bisnis yang Anda geluti dengan baik, Anda tidak dapat menerapkan rencana, analisa yang tepat.
  • Mengerti bisnis setidaknya mengerti bagaimana menganalisa keadaan.

 

Selain itu, dalam menulis rencana bisnis, terdapat komponen yang harus ada. Pertama adalah deskripsi mengenai bisnis Anda. Dalam bagian ini, Anda tidak hanya harus menjabarkan mengenai jenis bisnis yang Anda bangun namun juga mengenai produk yang Anda produksi, baik barang ataupun jasa. Tidak hanya produk yang Anda produksi saat ini, namun juga produk yang mungkin akan Anda produksi di masa depan sesuai dengan situasi dan perkembangan pasar yang ada.

 

Kedua adalah strategi pemasaran. Dalam menuliskan strategi ini, Anda membutuhkan suatu analisa yang tepat sehingga Anda dapat memanfaatkan kesempatan yang ada. Jenis analisa yang dapat Anda gunakan misalnya adalah analisa SWOT. Dengan analisa ini, Anda dapat mengetahui keunggulan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi produk Anda sehingga Anda dapat menerapkan strategi pemasaran yang tepat yang tidak membuang waktu, tenaga dan biaya.

 

Ketiga adalah analisa pesaing. Komponen ini dapat membantu Anda untuk menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Hal tersebut dikarenakan Anda mengetahui kelemahan dan kelebihan dari pesaing Anda. Keempat adalah rencana pengembangan bisnis. Dalam business plan, diperlukan gambaran rencana atau blueprint bagaimana Anda akan mengembangkan bisnis. Dari rencana pengembangan ini, dapat membantu Anda untuk menerapkan rencana lainnya seperti pengaturan biaya produksi dan operasional. Jangan lupa untuk memasukkan grafik dari sistem pengembangan, penjualan serta produksi yang dilakukan sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, Anda dapat dengan cepat mengatur strategi yang sesuai.

 

Kelima adalah rencana operasional serta managemen. Pengaturan atau manajemen yang baik membantu agar perusahaan dapat berjalan dengan baik. Komponen business plan ini berfokus pada logistik atau bahan baku atau bahan dasar yang digunakan dalam suatu perusahaan, namun tetap harus memperhatikan sumber daya manusia yang berkaitan dengan bisnis Anda. Jika perusahaan tersebut bergerak di bidang teknologi industri kreatif, yang perlu dikhawatirkan adalah orang yang membuatnya atau yang berkaitan dengan produksi dan operasional dari bisnis yang Anda bangun.

 

Komponen lainnya yang harus ada dalam rencana bisnis yaitu:

 

  • Sistem pembiayaan atau rencana keuangan. Komponen ini sangat diperlukan sehingga Anda dapat memperkirakan biaya yang harus dikeluarkan, sehingga pengeluaran dapat lebih efisien. Dapat juga digunakan untuk mencari dana dari perusahaan atau bisnis yang lainnya.
  • Kesimpulan memuat rangkuman secara garis besar dari seluruh isi business plan sehingga orang lain yang malas membaca business plan Anda dapat melihat secara singkat isinya dan menentukan apakah akan bekerja sama atau tidak.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *