Ingin Berinvestasi? Produk Investasi Syariah Solusinya!

Ingin Berinvestasi? Produk Investasi Syariah Solusinya!

Saat ini seiring dengan era globalisasi banyak usaha investasi yang dijalani oleh masyarakat di seluruh dunia. Banyak yang memanfaatkan momentum ini untuk berjaga-jaga apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, dengan jalan investasi orang-orang berlomba-lomba menanamkan sebagian uang untuk disimpan sebagai simpanan. Investasi yang sedang marak digemari adalah Produk Investasi Syariah.

Sebelum mengupas lebih lanjut tentang investasi berbasis syariah tersebut. Anda perlu mengetahui investasi secara lebih dalam terlebih dahulu. Investasi jika dijelaskan secara singkat adalah suatu jenis usaha mengeluarkan atau menyimpan uang untuk menghasilkan keuntungan yang lebih besar di kemudian hari. Hal ini banyak dilakukan mengingat laju inflasi yang semakin kencang. Tidak jarang orang-orang mengeluarkan banyak uang untuk sekedar berinvestasi. Tetapi mengingat keuntungan yang dijanjikan lumayan. Orang-orang menjadi semakin tertarik dengan bisnis ini.

Hal-hal yang melatarbelakangi seseorang untuk melakukan investasi antara lain:

  1. Kebutuhan-kebutuhan yang banyak dan hampir tidak terpenuhi.
  2. Laju inflasi yang semakin parah.
  3. Cadangan hari tua.
  4. Cadangan pada saat sakit.

Jenis-jenis investasi juga berbeda-beda pada setiap aspek, antara lain:

– Investasi berdasarkan jangka waktu investasi:

  • Investasi jangka pendek, dibagi menjadi tabungan dan deposito.
  • Investasi jangka panjang, dibagi menjadi obligasi, saham, properti, emas.

Baca Juga : Etika Saat Meminjam di UangTeman

– Investasi berdasarkan wujudnya:

  • Investasi riil, dibagi menjadi properti dan emas.
  • Investasi non rill, dibagi menjadi tabungan, deposito, saham, dan obligasi.

Lantas apa saja yang diperlukan sebelum Anda melakukan investasi:

  1. Pastikan uang Anda cukup untuk kehidupan sehari-hari.
  2. Pastikan Anda tidak memiliki hutan atau kartu kredit.
  3. Pastikan uang yang Anda gunakan untuk investasi. Tidak Anda gunakan dalam waktu dekat.

Hati-hati terkena penipuan dengan kedok investasi. Setelah Anda memahami dasar-dasar mengenai investasi. Mudah-mudahan Anda tidak akan tertipu dengan investasi abal-abal di liar sana yang menjanjikan beragam keuntungan bagi Anda. Selanjutnya, marilah Kita bahas mengenai Produk Investasi Syariah secara lebih mendalam lagi. Di Indonesia dikenal dua macam jenis investasi yaitu investasi konvensional dan investasi berbasis syariah. Seiring dengan perkembangan pemikiran dan pemahaman masyarakat. Investasi berbasis syariah paling banyak diminati untuk dijadikan peluang berinvestasi.

Investasi berbasis syariah biasanya menggunakan sistem pembagian hasil. Karena merupakan sistem bagi hasil, peningkatan nilai investasi menjadi tidak dapat diprediksi. Bisa tinggi dan bisa juga rendah pada setiap waktunya. Pada dasarnya jenis investasi ini dibagi menjadi dua, yaitu investasi aktiva rill, seperti logam mulia, emas, perak, batu berharga, dan properti. Sedangkan aktiva finansial, menggunakan barang-barang seperti surat berharga, deposito, saham, sukuk, dan lain sebagainya.

Ingin Berinvestasi? Produk Investasi Syariah Solusinya!

Produk Investasi Syariah ini memiliki banyak manfaat bagi para investor yang akan menanamkan uangnya sebagai investasi, antara lain:

  • Halal dan produktif.

Anda tidak perlu khawatir. Karena dana yang Anda tanamkan adalah dana yang akan digunakan untuk keperluan yang halal. Selain itu perputaran dananya juga cenderung lancar dan juga produktif.

  • Terdapat pengawas.

Investasi berbasis syariah ini menggunakan pengawasan yang aman yaitu Dewan Pengawas Syariah (DPS) yang tidak dimiliki oleh badan bank-bank lainnya yang konvensional.

  • Prinsip kepercayaan.

Landasan yang dimiliki oleh investasi berbasis syariah ini bukan hanya melalui badan hukum saja. Tetapi juga berlandaskan Islam. Dengan prinsip syariah, antara kedua belah pihak harus saling memegang prinsip untuk saling percaya satu sama lain. Itulah yang membedakan investasi jenis syariah ini dengan investasi-investasi lainnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *