Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik dan Mumpuni

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik dan Mumpuni

Kesehatan yang dimiliki seseorang adalah sangat mahal. Mengapa? Tentu saja karena biaya pengobatan untuk orang sakit kini kian naik. Menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat bisa sebagai salah satu alternatif agar tubuh selalu dalam keadaan prima. Namun ada satu lagi hal penting yang seharusnya dimiliki oleh Anda yang peduli akan kesehatan di masa datang, yaitu asuransi kesehatan. Asuransi bisa menjadi cadangan jika ada hal-hal tidak diinginkan terjadi suatu saat nanti. Namun Anda juga tidak boleh memilih asuransi dengan sembarangan agar mendapatkan fasilitas asuransi kesehatan terbaik.

Dengan banyaknya perusahaan asuransi, menjadikan banyak orang merasa kebingungan untuk memilih satu yang pas. Faktanya, banyak perusahaan asuransi yang menawarkan kelebihan-kelebihan yang bisa menguntungkan Anda. Berikut ini beberapa tips untuk Anda yang akan mendaftarkan diri untuk asuransi kesehatan:

  • Ajukan saat sehat

Dalam asuransi, dikenal istilah “pre existing condition yaitu kondisi dimana penyakit sudah ada di dalam tubuh Anda selaku nasabah asuransi. Penyakit tersebut umumnya tidak ditanggung oleh pihak asuransi, meski beberapa perusahaan ada yang mau menanggungnya. Lebih baik ajukan diri mengikuti asuransi saat Anda dalam kondisi sehat. Bukan tidak mungkin perusahaan asuransi akan menolak ketika Anda datang dalam kondisi sakit. Hukum yang terdapat pada asuransi kesehatan adalah hukum kemungkinan, dimana selalu ada kemungkinan nasabah untuk selalu sehat atau ada kemungkinan juga terserang penyakit nantinya. Segala kemungkinan tersebut tidak ada yang tahu, namun guna berjaga-jaga maka jadilah bagian dari anggota asuransi.

  • Usia muda

Semakin bertambahnya usia, resiko akan terserang penyakit tentu semakin tinggi. Dari situlah penghitungan premi yang ada pada asuransi. Semakin tua umur seseorang, maka semakin mahal premi yang harus dibayarkan karena umur memang menentukan tingkat pembayaran premi. Ajukan asuransi sejak muda, jangan menunggu sakit karena pihak asuransi tentu akan berpikir ribuan kali untuk menerima nasabah dalam kondisi sakit.

  • Jenis asuransi

Ketahui beberapa jenis asuransi kesehatan yang ada di perusahaan tersebut. Pastikan jenis tersebut tidak membebankan Anda dalam hal pembayaran bulanan dan mampu memberikan fasilitas menarik ketika Anda sakit nantinya. Ada produk terbaru dari perusahaan asuransi yaitu cash plan. Asuransi ini menggiurkan karena pembayaran yang murah. Namun asuransi jenis ini nantinya hanya akan membayar biaya kamar berdasarkan lama menginap tanpa menanggung biaya obat, biaya dokter, biaya operasi dan biaya lainnya. Hal ini tentu merugikan Anda karena jika nantinya Anda dirawat di rumah sakit, Anda masih harus menanggung biaya-biaya tersebut dengan uang sendiri. Padahal asuransi kesehatan terbaik adalah yang mampu menanggung seluruh kebutuhan nasabahnya di kala sakit. Jadi pahami jenis asuransi dan tanyakan syarat serta ketentuan yang berlaku di dalamnya agar Anda tidak terjebak dalam ucapan manis para marketing asuransi.

asuransi-kesehatan-terbaik

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik dan Mumpuni

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk bergabung dengan asuransi kesehatan terbaik. Ketahui juga peraturan dalam hal rawat inap karena beberapa perusahaan asuransi menerapkan aturan yang berbeda, ada yang minimal 1 hari, ada yang masuk UGD beberapa jam juga sudah bisa diklaim ke asuransi. Meski kebijakan perusahaan asuransi seluruhnya hampir sama, namun tetaplah cermat dan teliti syarat dan ketentuan dalam setiap polis asuransi. Pertimbangkan juga anggaran untuk asuransi yang akan diikuti, jangan sampai memilih yang terlalu mahal hingga akhirnya Anda kesulitan dalam menyeimbangkan pembayaran asuransi dan juga memenuhi kebutuhan bulanan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *